Thursday, May 21, 2009

Guruku…kupersembahkan Trophy kemenanganku untukmu !

16 Mei 2009


Pagi itu adalah hari yang bersejarah bagi kami. Kami akan mengikuti lomba di Pekan PAUD Tingkat Kecamatan Bantar Gebang. Dengan menumpang mikrolet sewaan, kami ber- 30 orang berbondong-bondong menuju lokasi lomba. Perasaan minder sempat menggelayuti kami. Maklum, kami sudah sangat terbiasa dipandang sebelah mata hanya karena status kami sebagai ‘ anak-anak sampah ‘. Ajang lomba ini juga yang pertamakalinya kami alami. Grogi itu pasti. Tetapi kami hanya punya satu keyakinan, kami harus bisa ! Meski dengan fasilitas terbatas. Meski kami tampil apa adanya. Tetapi semangat yang dihembuskan oleh senyum guru-guru kami sudah sangat cukup membuat kami merasa percaya diri untuk tampil diantara sekian ratus peserta di ajang lomba ini.
Dan perjuangan ini tidak sia-sia....Alhamdulillah dari PAUD Al Falah meraih juara 3 lomba mewarnai dan dari PAUD Ar Rahmah meraih juara 3 untuk lomba menari.
Kala kulihat senyum bangga menghiasi guru-guru kami, sungguh kami bahagia. Guru-guru yang setiap hari memberikan keceriaan dan kehangatan bagi kami. Guru-guru yang setiap hari melukiskan sebuah harapan dan cita-cita nun jauh di sana yang harus kami raih...Kami pulang membawa banyak trophy. Benda ‘ aneh ‘ yang serasa bagai mimpi untuk bisa kami bawa pulang. Bangganya kami....
Esoknya, ibu guru mengambil foto kami yang sedang membawa trophy...kata bu guru, untuk dipajang di sekolah, untuk kenang-kenangan bagi kami semua. Sebagai ‘ monumen kecil ‘ bagi sekolah kami yang sederhana. Meski terbuat dari kayu, bambu dan beratap seng bekas dengan celah disana sini, namun secuil prestasi ini menjadi pijakan bagi kami untuk terus melompat menciptakan prestasi-prestasi lagi di masa mendatang. Kami ingin membuat orang tua kami bangga. Utamanya guru-guru kami yang telah mendidik kami di sekolah....
Serasa berada di atmosfir film Laskar Pelangi seusai memenangkan lomba karnaval-nya....Euphoria kami, semangat kami, tawa kami....berpijak dari kondisi yang sama...anak-anak yang terpinggirkan dan sering dipandang sebelah mata. Namun semangat kami semoga bisa menjadi Lintang-Lintang di masa kini....generasi yang cerdas dan bernas, dilandasi oleh kekuatan iman dan akhlakul kariimah.... Amin.
Trophy ini kami persembahkan untukmu, guruku....!