Friday, May 15, 2009

Catatan perjalanan



Pentas Bareng OPICK ..!
Tak terbayangkan sebelumnya. Mimpi pun tidak. Anak-anakku yang notabene setiap hari bergelimang dengan sampah akhirnya bisa sepanggung dengan Opick.Aku dan anak-anakku memang diundang oleh Badan Wakaf AlQur’an sebagai pengisi acara untuk even ‘ Peluncuran Kapal Dakwah Papua ‘ pada tanggal 18 Juli 2009 di pantai Marlin, Putri Duyung – Ancol....[more]

Kunjungan Itochu Japan Company & The Daily Jakarta Shimbun
“ Bu, kami ingin berkunjung ke sekolah Ibu. Termasuk 2 orang asli Jepang dari perusahaan kami yang ingin sekali bisa melihat anak-anak Ibu “.. telpon singkat ini aku terima beberapa bulan sebelum kunjungan berlangsung. …..[
more]

Akhirusannah Al-Falah

Pagi ini cerah. Sinar matahari terasa menyengat. Semakin gerah karena polusi dan ‘panas’ yang menguap dari timbunan sampah semakin melengkapi naiknya suhu. Tentu saja plus atap seng yang semakin membuat keringat bercucuran.Tapi rasanya semua rasa gerah ini tak mengurangi sedikitpun senyum ceria anak-anakku karena hari ini kami berkumpul bersama di ‘ Aula ‘ Bilal bin Rabah, ... [more]

Pindahan ke Sekolah Baru Yuk.... !!!
Pagi ini aku datang ke sekolah disambut oleh murid-muridku dengan senyum ceria. Aku lihat mereka sudah berbondong-bondong membawa sapu, tikar, ember, tempat sampah dan semua atribut di sekolah. Aku hampiri mereka dengan perasaan heran….” Hei…kalian ini mau kemana, Nak koq udah di luar kelas membawa semua peralatan ini ? “….[
more]

Guruku…kupersembahkan Trophy kemenanganku untukmu !
Pagi itu adalah hari yang bersejarah bagi kami. Kami akan mengikuti lomba di Pekan PAUD Tingkat Kecamatan Bantar Gebang. Dengan menumpang mikrolet sewaan, kami ber- 30 orang berbondong-bondong menuju lokasi lomba. Perasaan minder sempat menggelayuti kami. Maklum, kami sudah sangat terbiasa dipandang sebelah mata hanya karena status kami sebagai ‘ anak-anak sampah ‘... [
more]

Kunjungan rekan-2 BWA
Pagi ini, di Bantar Gebang..Seperti biasa aku sedang melanjutkan aktifitasku ketika ada sms masuk ke hp ku." Bu, kami sedang meluncur ke Bantar Gebang. Rekan-rekan dari BWA ingin ketemu dan ngobrol langsung dengan Ibu, biar sebentar juga nggak pa-pa. Mereka perlu info dakwah serta tantangan dakwah di Bantar Gebang " begitu pesan singkat dari Pak Mahyudien, Direktur Badan Wakaf AlQur'an. .........[
more]

Rumah ter-baru Al Falah
Rasanya seperti sebuah metamorfosa jika flash back perjalanan kelompok belajar Al Falah. Dari menumpang di musholla kardus, lalu berpindah di sepetak tanah sewa hingga akhirnya sekarang aku ' harus ' membuatkan rumah baru untuk murid-muridku ini. Di ' gedung ' yang belum genap setahun kami tempati itu, ternyata masih terlalu sempit untuk menampung muridku. [more]

'Anakku' mengalami gizi buruk
Pagi itu sebenarnya aku berencana untuk istirahat di rumah karena punggunggku rasanya remuk, capek luar biasa setelah seminggu full dihajar aktifitas bertubi-tubi di Bantar Gebang.
[more].

Kolaborasi Dakwah bareng Badan Wakaf Al Quran [BWA]
Story ini bermula ketika aku berkenalan dengan Bp. Nurbowo ( Kontributor Alia ) saat kami melakukan diskusi terbatas membicarakan planing LAZIS DDII untuk mendirikan semacam pesantren untuk anak-anak jalanan. [
more].

Suatu hari ...
Ada seorang Ibu yang dengan lugunya bertanya kepadaku...Kenapa sih mbak koq sampeyan mau mengurusi anak-anak pemulung ini ? [
more].

Kunjungan Ibu-ibu cantik MTI Baitul Jihad
Seperti yang sudah disepakati, pagi itu aku mau mengantar ukhti-ukhti cantik dari Majelis Taklim Baitul Jihad Kemang Pratama 2 untuk ' berwisata sampah ' ke TPA Bantar Gebang, mengunjungi murid-muridku dan berkeliling ke wilayah-wilayah binaan. [
more].

Pengobatan Gratis
Hari Selasa, jadwal yang telah aku sepakati dengan pihak LAZIS Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia untuk mengadakan pengobatan gratis & pemeriksaan kesehatan untuk seluruh murid-muridku beserta anggota keluarganya yang membutuhkan pengobatan. [
more].

Nonton bareng 'LASKAR PELANGI'
Siang itu, aku, suami dan anak-anakku bergegas menuju TPA Bantar GebangKami sudah berjanji kepada murid-muridku untuk nonton bareng film Laskar Pelangi-nya mas Andrea Hirata... [
more].

Cahyadi kecil
Anak ini kutemukan di TPQ yang aku binaTampan, bersih, pintar.....Dia ditakdirkan terlahir tanpa kedua belah tanganNamun lihatlah...betapa trampilnya dia mengerjakan kreatifitas [
more].

Mutiara yang hilang ........
Seharian ini hujan lebat mengguyur kota Bekasi.......Sampai sore hujan tak juga reda. Aku yang masih berada di toko buku untuk membelikan pensil & penghapus untuk try out anakku besok pagi tiba-tiba dikejutkan dengan telpon yang berdering-dering.......... [
more].

Surat sederhana dari Nur ..
Teman-teman....Namaku Nur.........Usiaku 10 tahunMeski kata orang aku termasuk ’ lambat belajar ’ dan tanganku cacat.... [
more].

Nyari' Pesantren ...
Untuk kesinambungan pendidikan, kader dakwah dan memberikan bekal yang lebih baik, aku memprogramkan untuk mengirim beberapa anak pemulung yang memiliki ghirah tinggi untuk terjun ke arena dakwah agar bisa dididik di pesantren. [
more].

Aku dan 'anak-anakku' ...
Di suatu pagi, seperti biasa aku datang ke sekolah pemulung ini untuk membawa susu yang rutin aku bagikan seminggu sekali setelah anak-anak selesai berolah raga. Tak terasa sudah seminggu lebih aku tak berjumpa anak-anak yang amat kucintai ini karena aku sempat jatuh sakit & ada kesibukan. [
more].

Kunjungan Mobile Qur'an - PPPA Daarul Qur'an
Alhamdulillah..... pada hari Jumat sore tanggal 27Maret 2009, kami kedatangan tamu dari PPPA (Program Pembibitan Penghafal Al-Quran) Daarul Quran
http://www.pppa.or.id/ yang diasuh oleh Ust Yusuf Mansur. [more].

Rumah baru Kelompok Belajar Al Falah
Alhamdulillah....di akhir bulan Nopember 2008 akhirnya gedung sekolah kami yang baru telah selesai dibangun sehingga kami tidak menumpang lagi di musholla. [
more].

Kisah robohnya sebuah Musholla...
Wilayah Kelurahan Serang merupakan wilayah kedua sebagai binaan kami. Wilayah tersebut terutama di pemukiman pemulung belum ada musholla yang layak untuk kegiatan peribadatan mereka. [
more].

Khatam Iqra'
Di awal-awal pembukaan Majelis Taklim Al Falah, ibu-ibu pemulung begitu penuh menjejali musholla kardus..Di awal-awal, memang aku masih membagikan ‘ pemanis ‘ agar mereka sudi datang ke musholla untuk mengaji. [
more].

Secuil Kisah di TPA Bantar Gebang ....
Di Bantar Gebang terdapat sebuah TPA ( Tempat Penimbunan Sampah Akhir ) yang menampung sampah wilayah Bekasi dan DKI Jakarta dengan jumlah sampah yang disetor setiap harinya ada sekitar 6000 ton/ hari. [
more].

Perjalanan ditengah bentangan sampah
Perjalanan ditengah bentangan sampah Di awal tahun 2007 ketika aku menginjakkan kaki di bentangan sampah Bantar Gebang untuk menawarkan sebuah pembinaan bagi anak-anak, aku diterima dengan pandangan sinis penuh curiga..Masih aku ingat betul saat pertama kali ... [
more].