Saturday, July 24, 2010

Catatan Perjalanan 3




Ibu...kelasku bolong
Dua tahun lewat bangunan sekolah yang sederhana ini menemani anak-anakku untuk menuntut ilmu...Masih terngiang di benakku ....di kala aku berkeliling mencari tanah sewa, mulai membangun ' gedung sekolah ' ini dengan tetesan peluh yang mengharu biru....[more]

Semua Anak membutuhkan Cinta
Pagi itu....aku sudah bersiap-siap bersenam pagi ceria bersama semua anak-anakku... Di pelataran sekolah telah berhamburan anak-anak yang mulai berbaris dan saling dorong. Kulirik sekilas di sudut halaman, seorang anak sedang jongkok dan murung. Menyendiri dan menundukkan wajahnya...[ more ]

Anakku telah kembali
Lihatlah kedua foto di atas.....Foto seorang gadis mungil kurus kering kerontang adalah potret seorang Eliyah di kala terserang TBC dan malnutrisi di awal tahun 2009 lalu....[ baca kisah ' Anakku ' mengalami gizi buruk ]. Setelah kularikan ke RS dan melewati serangkaian perawatan, maka Eliyah kecil kusarankan pulang kampung agar sehat dulu...dan...hampir dua tahun kami berpisah.... [more]

When I embrace my Angels
Setelah hampir 2 bulan ku jatuh sakit dan terpisah dari anak-anak mungil di Bantar Gebang ini, maka moment Pelatihan Guru yang diselenggarakan oleh teman-teman guruku adalah moment yang sangat kutunggu-tunggu. Aku akan kembali ke Bantar Gebang - tepatnya penampilan perdanaku sejak aku jatuh sakit karena paru-paruku bocor....[more]

Ketika Paru-paruku Berbicara
Siang yang terik aku berfoto bersama ' anak-anakku ' di samping bedeng-bedeng kumuh bantar gebang. Saat itu aku duduk di bawah pohon di sela-sela break syuting Jak TV. Kucurahkan keceriaanku bersama anak-anak pemulung dalam dekapanku. Mendongeng, menyanyi, tebak-tebakan..sesekali terdengar tawa ceria memecah terik yang menyengat kulit kami. .. [more]

Idul Adha Ceria
Dzulhijjah 1431 Hijriah.........
Sebulan sebelum hari raya Idul Adha, aku mulai mencoba menyebar sms, BBM dan email kepada semua teman-temanku...intinya, aku mengabarkan kepada mereka bahwa aku menerima titipan hewan qurban yang akan aku tasarufkan bagi anak-anak pemulung dan masyarakat dhuafa di kawasan TPA Bantar Gebang sana... [more]

Pengalaman di Cineplex Mewah
Awal Oktober 2010 Tahun ini anak-anakku berkesempatan diundang yang kedua kalinya oleh ITOCHU di acara Jak Japan Matsuri yang diselenggarakan oleh Japan Embassy.. Pak Bambang - sahabat lama yang komit membantuku sejak sekolahku masih berupa gubuk bambu beralas tanah - kali ini mengundangku lagi ke Monas dan ke salah satu Mall mewah di kawasan bundaran HI ... [more]

Tiga anak yatim dalam genggaman
Di tengah semaraknya kaum muslimin merayakan hari raya Idul Fitri 1431 H lalu, terselip kisah duka yang menyelimuti saudara-saudaraku di bedeng-bedeng pemulung TPA Bantar Gebang...
Suatu sore terjadilah hujan deras dan angin puting beliung. Sebuah bedeng kosong yang ditinggalkan penghuninya terjadi korsleting listrik dan terperciklah api yang mulai menyambar bilik bambu itu. [more]

Sebuah Kisah dibalik kunjunga KAJI (Komunitas Alumni Jepang di Indonesia)
Para eksekutif dan pengusaha yang tergabung dalam komunitas KAJI ( Komunitas Alumni Jepang di Indonesia ) beberapa minggu yang lalu menelponku dan memberitahukan bahwa akan mengadakan kunjungan dan ifthar jama'i di sekolahku. [more]

Aoyama Gakuin University of Tokyo
Seperti yang sudah disounding oleh Bpk. Bambang dar Itochu, pagi ini rombongan dari Aoyama Gakuin University of Tokyo akan berkunjung ke sekolahku. Sekian bulan yang lalu kuterima sebuah telpon..." Bu Sari, Profesor Fujikawa dan mahasiswanya ingin berkunjung ke sekolah Ibu...mau study banding katanya..." [more]

Tarhib RAMADHAN 1431 H
Pagi ini aku sudah siap di sekolah menenteng sebuah kamera digital untuk merekam anak-anakku yang akan pawai keliling menyambut datangnya bulan Ramadhan.
Setelah ikrar pagi, mereka berjajar di halaman sambil membawa bendera, poster lebaran dan tak lupa rebana. [more]

Sumur UMMU AMANAH
Bu Sari...saya minta izin ya, sumur yang akan diresmikan ini kami namakan sumur Ummu Amanah...Mengingatkan kita kepada sumur Raumah dan sumur Zubaedah..."....aku tergelak mendengar permit dari Bpk. Heru Binawan Sang Ketua Badan Wakaf AlQur'an...[more]

Dunia boleh tertawa karena kami bahagia
" Dunia boleh tertawa karena kami bahagia..."
Sepenggal syair lagu yang dilantunkan oleh Titi DJ dan Indra Lesmana sekitar sepuluh tahun yang lalu. Syair lugas yang menyiratkan sebuah keceriaan yang ingin dihembuskan kepada seluruh isi dunia....
Pagi ini, rasanya syair ini adalah milik kami....[more]

Ibu ... aku ingin bangku sekolah
Aku berdiri di depan sekolah. Mematung menyapu seluruh sudut sekolah dengan dada berat...tahun ajaran baru ini, di bulan Juli 2010 jumlah siswa kembali membludak...mencapai 200 siswa.[more]

Ibu ... sekarang aku mau mengaji
Lihatlah gadis mungil berbaju biru itu. Matanya yang tajam menyorot kepadaku. Menyelidik penuh curiga. Penuh observasi....
Tatkala aku masuk kelas, gadis mungil ini merajuk memegang gaun ibunya. [more]