Tuesday, December 7, 2010

Liputan Trans TV - Bingkai Berita

Juli 2011

Ramadhan baru saja tiba.....Siang itu tiba-tiba ada 2 orang journalis dari Trans TV menghampiriku di sekolah....Mbak Wida sang reporter dan mas Edi sang kameraman...Singkat cerita, mereka mengemukakan keinginannya untuk membuat liputan tentang aktifitasku yang berkaitan erat dengan komunitas sampah ini....
Beberapa hari kemudian, BBM ku berbunyi....
" Mbak....aku sudah membaca blog Kaleng Rombeng-nya....saya semakin yakin jika harus meliput Mbak...Ijinkan saya menguntit Mbak selama Mbak beraktifitas besok pagi yah ?" pinta sang reporter cantik itu...
Esoknya, segera kukabari anak-anakku di panti asuhan bahwa akan hadir crew TransTV ke panti asuhan...Wow...heboh....sejak pagi sudah berdandan cantik dan berbaris bersiap-siap menyambut sang crew.....
" Emaaaaaak....aku masuk tipi !!! " begitulah kira-kira ungkapan girang anak-anak ini....Aku tersenyum geli dan berbunga-bunga melihat senyum-senyum mungil merekah tatkala melihat kamera....
Begitulah....siang itu begitu terik....dalam kondisi shaum ramadhan cukup menguras energi anak-anak ini untuk syuting...
Dan beberapa hari kemudian, syuting dilanjutkan di Bantar Gebang....seperti biasa, menyusuri bedeng-bedeng dan flashback perjalananku 5 tahun yang lalu saat aku pertamakali memasuki kawasan ini dan melangkahkan kakiku di musholla kardus untuk membuka sebuah sekolah sederhana....
Cukup singkat syuting hari itu....dan kami pun pulang ke Kemang Pratama, menuju rumahku untuk istrirahat sejenak....
Hanya dua hari....namun perjalanan singkat ini mampu mempertautkan sebuah persahabatan yang manis dengan sang reporter cantik itu....Mbak Wida...sampai kini pun masih terjalin komunikasi yang intens sebagaimana layaknya seorang kakak kepada adiknya....
Hubungan kami bukan hanya sebatas antara crew dan narasumber....namun sungguh kehangatan sebagai kakak adik....dan hal ini patut kusyukuri....di kala aku masih mampu menjalin tali silaturahmu dengan para crew yang pernah meliputku....
Matur nuwun nggih Mbak Wida dan mas Edi.....tayangannya sudah aku rekam dan bermanfaat sekali untuk kuputar kembali saat aku ' ngamen ' mengisi seminar dan talkshow...
Sudah cukuplah gambar yang berbicara....hanya sekian menit...namun mampu menggetarkan jiwa bagi mujahid dan mujahidah muda yang kutemui....
Semoga bisa memberikan spirit dan hikmah bagi mereka...menggelorakan semangat jihad fisabilillah demi merengkuh umat dan merindukan ridhoNya semata....aamiin....